HOW TO ?

Disini saya akan coba menjelaskan penggunaan KAV secara umum dan khusus, karena dengan mengetahui penggunaan KAV secara tepat, maka pengguna dapat memaximalkan kinerja KAV sesuai kebutuhan masing – masing !

Bagaimana untuk melakukan Scanning ?

Untuk melakukan Scanning file pada Kendal Antivirus, juga sama seperti lazimnya Antivirus lainya. Yaitu dengan

Klick SCAN maka akan Muncul menu sebagai berikut beserta fungsingya :

  • Custom Path : Melakukan Secanning Folder sesuai pilihan User.

  • System Path : Melakukan Scan pada System Area.

  • Windows Path : Melakukan Scan pada Windows Area.

  • Removable Disk :Melakukan Scan pada Drive Removable ( Flash Disk ) yang tertancap pada PC

Melakukan penyembuhan / pembersihan virus yang terdeteksi ?

Setelah process scan selesai, dan KAV mendapatkan beberapa virus, maka User dapat melakukan pembersihan / penyembuhan objek dengan cara melakukan check setiap list yang akan dibersihkan, atau bisa dengan mencentang check box “Check List” agar semua items pada Listview virus dalam kondisi tercentang. Lalu klick tombol “CURE” untuk melaukan pembersihan maupun penyembuhan.


Memanfaatkan KAV-Protektor / RTP ?

KAV memiliki RTP yang terpisah dari program utama, secara default nama filenya saya beri nama KAV-Protektor.exe, yang saya sertakan dalam paket setiap mendownload KAV pada versi yang telah mendukung RTP(KAV S.E Build.C dan seterusnya ). Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk melindungi System anda, karena RTP KAV meminjam sedikit memory pada PC anda. Yang lebih baiknya lagi, RTP KAV juga dapat mengupdate dirinya sendiri, ketika anda mengupdate UDB ( User data base ), ini sangat praktis karena anda tidak perlu mendownload program berulang – ulang, disamping ITU RTP KAV jg dapat bekerja secara Indepndet tanpa program utamanya untuk melakukan fungsi – fungsi layaknya Program utamanya yaitu ( Kendal AV ).

Mengupdate KAV ?

Setiap User umumnya menanyakan cara mengupdate Antivirus yang akan digunakan, apakah cara update merepotkan atau sebaliknya bagi user tesrsebut. Bagi anda pengguna KAV tidak perlu kawatir dengan kerepotan dalam mengupdate Antivirus KAV. Karena KAv mendukung 3 cara update, dimana anda bisa menentukan sendiri sesuai kebutuhan anda !

  1. Update Program

Untuk update cara ini, anda tinggal mengikuti versi terbaru KAV yang akan diupdate secara rutin 1 bulan sekali untuk tingkatan versi S.E, dan 1 – 4 minggu sekali untuk Re-Build(jika diperlukan). Jadi anda tinggal ikuti perkembangan KAV diblog ini. Alu download program terbarunya !, karena setiap peningkatan versi maka KAV akan mengalami perbaikan – perbaikan.

  1. USER database

KAV adalah satu diantara Antivirus local, yang mendukung fitur User Database. Sebenarnya jika user mampu menggunakan fitur ini dengan baik maka hamper 85% virus yang belum dikenali oleh KAV mampu dibasminya. Tapi jarang sekali user yang dapat memanfaatkan / memaksimalkan fitur ini karena fitur ini termasuk fitur yang belum popular dikalangan AV. Padahal dengan fitur ini KAV dapat mengupdate database virus yang dikenali hanya dengan bantuan Usernya. Nah untuk update USER data base, anda cukup DOWNLOAD filenya dibagian Halaman “Download”, lalu ekstrak hasil downlodan Anda(karena saya pack). Ganti file “USER.DAT” yang lama anda, dengan “USER.DAT” yang baru anda download. Secara automatis KAV akan mengenali virus lebih banyak lagi, sesuai dalam database barunya. Praktis kan? Apa lagi ukur USER.DAT hanya berkisar hitungan “KB(Kilo Byte)” anda hanya butuh waktu kurang dari 1 menit untuk melakukanya. Dan Insya Allah, USER.DAT akan diupdate 2 minggu sekali di blog KAV.

  1. UPDATE Sendiri

Untuk update cara ini biasa dilakukan oleh,para profesioanl pengguna KAV. Karena saya yakin KAV juga bisa digunakan sebagai tool bantu dalam membereskan virus unknowns. Untuk sementara ini saya yang melakukan Update cara ini, Yai iya lah… klo bukan dari pihak KAV mau siapa lagi ??,karena hasil updatan ini akan segera dikirim ketempat share KAV. Anda tidak perlu memikirkan cara ini ?

Menambahkan Data Base sendiri ?

Nah, bagi anda yang suka memburu virus. Atau menemukan virus pda computer Anda, yang belum pernah ada pada database KAV yang anda gunakan, anda tidak perlu khawatir. Seperti yang pernah disinggung pada jawaban pertanyaan di atas, KAV mampu membersihkan virus Unknown di komuter anda. Anda tinggal tambahkan sample virus yang menyerang Komputer anda dengan fitur “User database” pada tombol “Tool”.

Setelah muncul gambar diatas, maka anda klik “Browse” -> setelah muncul dialog open, maka anda pilih file/virus yang akan ditambahkan/dibasmi -> Klik Open -> beri nama virus baru anda pada teksbox “virus name” -> click “Generate” -> click “Refresh”-> selesai.

Secara automatis KAV akan segera mengenali virus tersebut, dan bisa anda gunakan untuk membasminya !!

Ada pertanyaan lagi ?




%d blogger menyukai ini: